Komputer | Jaringan | Software | Driver | Internet | Blogging | Bisnis | SEO | Kesehatan | Musik | Game | Refreshing | Dota | Umum

Jumat, 24 September 2010

Kenapa Komputer Menjadi Lemot ?

Update status blog, seperti kata saya pagi tadi, saya akan melaunching 5 artikel dan baru satu artikel ini yang telah saya launching hehe, untuk sisanya saya tidak tahu kapan ? bisa sebentar lagi, bisa besok haha ! sangat tidak konsisten ya saya ini hehe ^^, wes ga masalah, pokok'e update terus jeh !!!

Karena berbagai hal tentunya hehe, komputer kita akan menjadi lemot dan lembrete, penyebab kenapa komputer menjadi lemot bisa anda simak di bawah ini,

  1. Karena kebanyakan Data, Hard-disk Full of Capacity biasanya akan muncul pesan, "Low Memory" kalau tidak salah hehe
  2. Terlalu banyak program yang aktif, dan on di taskbar. Memory yang terpakai menjadi besar dan akhirnya muncul pesan ... "Virtual Memory is Low"
  3. System terkena virus mematikan, virus yang beraksi pada explorer system hehe, biasanya virus ini memakai memory RAM dengan over, serta prosessor / CPU selalu aktif memprosesnya
  4. Jika ke-3 di atas semuanya normal tapi tetap lemot, kemungkinan susunan sector2 pada harddisk perlu dirapikan dengan defragmenter, baca artikel saya terdahulu tentangnya ...
  5. Komputer anda terlalu jadul untuk menjalankan program2 up-to-date yang notabene membutuhkan spek yang tinggi hehehe

Lalu apa solusi dari ke-5 penyebab komputer lemot di atas ? mari kita simak paparan solusi saya di bawah ini :
  1. Koleksi pilm ya pak ? haha sama seperti saya hehe, sebaiknya anda beli hardisk lagi, untuk menyimpan data2 lama anda, sebaiknya beli hardisk portable, kalo portable terlalu mahal, ya belilah hardisk biasa lalu pasang di dalam CPU anda, ... hemm jika tidak mampu membeli hardisk, rajin2lah anda mengelola data yang ada pada komputer anda, sekiranya ada data yang tidak penting atau sudah bosan, alangkah baik langsung kita delete untuk memperluas kuota hardisk kita
  2. Wah anda keliatannya gemar mengoleksi program2 entah mungkin program game atau utilities, Jika memang masalah terdapat pada memory, Sangat disarankan anda untuk meng-upgrade Memory menjadi lebih besar lagi, dari 512Mb munkin bisa langsung anda upgrade menjadi 4Gb, wuuu ... pasti komputer anda beroperasi seperti pesawat jet tempur haha, semoga ^^
  3. Wah ini nih, hardisk masih longgar, program hanya sedkit yang aktif, tapi kenapa kok memory termakan banyak ???!!! Hanya satu jawaban, itu adalah ulah Virus Nakal hehe ... Untuk hal ini saran saya adalah, selalu update antivirus anda untuk mencegah virus yang nanti akan menjangkiti. Jika sudah terlanjur terjangkiti, saran saya bawalah komputer anda pada saya, saya kasih harga murah dah ! hehe, sebagai ganti jasa "clean virus" hehe ^^
  4. Jika semua tampak normal2 saja, hemm ... coba lakukan defragmentasi, untuk langkahnya, anda bisa berkunjung di sini ... " Kapan Harddisk Anda perlu di Defrag ? "
  5. Hanya satu kata ... LEMBIRU yang artinya Lempar lalu Beli yang Baru hahaha ^^ pasti sukses !
Hehehe ... yak itulah tips dan trik dari saya, meskipun saya menyajikannya agak terlihat bercanda, tapi saya serius kok hehe, percaya sama saya ^^ Ya sudah, saya akhiri dengan salam,

Wassamualaikum Wr. Wb.

~ Semoga Bermanfaat ~

3 comments:

Ayub Adiputra mengatakan...

wakaka...bukan bermaksud ngepasin tapi pas banget mas. saya juga dari pagi baru bisa ol puas sekarang soalnya laptop saya aneh sekali. begini mas :
setipa membuka laptop akhir-akhir ini, laptop tidak bisa langsung digunakan untuk membuka my documnets dan sejenisnya. tapi kalau buka MS. Word masih bisa. itu kenapa ya? saya takut rusak.

terus soal kemarin saya copot batersi laptop sampai detik ini masih saya copot tiap hari. aman ngggak ea? tidak pernah saya pasang.

terus cara menonaktifkan software tidak berguna itu gimana? saya bingung dulu banyak instal software aneh yang ribet dan bingung menghapusnya.

maaf banyak, sebagai sahabat harap dibantu. hehehe..

Andry li mengatakan...

@Ayub Adp, yach mungkin systemnya masih proses loading mas hehe, jadi lebih sabar saja menunggunya :D, untuk kemungkinan rusaknya bisa jadi mas, hehe saya tidak tau pasti :D

kalo masalah copot tidak masalah mas, yach lebih awet kan baterenya, tapi laptopnya juga diantisipasi mas untuk suhu panasnya, kalao pemakaian lama kan, pasti panas tu, lebih baik pake fan laptop ja mas, semoga dpt menstabilkan suhunya ...

btw pake windows apa mas ??? tapi semua windows juga sama mas, caranya ... ( wah bisa jadi artikel nih hehe, memang mas Ayub penuh dg inspirasi hehe ) masuk di start - control panel
Nah di control panel coba mas Ayub cari ... add/remove program, disitu tempat untuk men-uninstall / delete program

sama2 mas, tidak apa2, semoga penjelasan saya bisa memuaskan mas hehe ... :P

Ayub Adiputra mengatakan...

owalah...ea untuk masalah suhu saya pakai kipas angin langsung ke laptop...hahag...tetep aman ea?
satu lagi mas, kalau waktu pakai laptop tiba-tiba mati lampu terus mati tep sering rusak-rusak nggak tuh?

owh...ea sudah dicoba dan terima kasih mas, mantap! hhehehe...

Posting Komentar