Komputer | Jaringan | Software | Driver | Internet | Blogging | Bisnis | SEO | Kesehatan | Musik | Game | Refreshing | Dota | Umum

Sabtu, 02 Oktober 2010

Api, Air, Udara lalu Bumi ... Ada apa ?

Api, Air, Udara dan Bumi ... ke-4 element inilah yang membentuk seorang avatar menjadi sebuah sosok keseimbangan alam dan dunia. itulah yang diceritakan dalam sebuah serial kartun "the last air branded, legend of ang, Avatar" hehe, namun kali ini saya tidak membahas itu, melainkan sesuatu yang lain yang berhubungan dengan filosofi ke-4 element tersebut dalam kehidupan nyata di dunia ini.

Saya mulai ...

Api, mungkin adalah sebuah luapan2 emosi negatif, seperti dendam, marah, dengki, bahkan nafsu syahwat. Tidak jarang kita sebagai seorang manusia biasa bisa mengalaminya, kita marah, kita mendendam, karena memang itulah manusia, manusia diciptakan selain dikaruniai akal , juga dikaruniai nafsu, dan terkadang akal dapat dikalahkan oleh nafsu ketika kita benar2 tidak mampu mengendalikan nafsu tersebut. Api tersebut mungkin adalah Nafsu, tidak munafik, terkadang sayapun juga mengalaminya, jiwa dan raga ini penuh dengan api yang bergejolak.

Air, lawan dari api, mungkin adalah sebuah upaya dalam rana mengendalikan api / nafsu dengan menggunakan akal untuk berfikir benar dan salah. Dengan berfikir jernih niscaya hati dan pikiran akan menjadi tenang ketika nafsu/emosi/amarah sedang bergejolak dalam jiwa raga kita. Selain itu air juga gerfungsi untuk menyejukkan, maksudnya adalah ketika kita berfikir menggunakan akal lalu menemukan sebuah kebenaran, maka kita akan menemukan sebuah ketenangan jiwa. Itu cukup mampu untuk mengendalikan gejolak api. Insyallah

Udara ( Angin ), mungkin seperti ke-Ego-an. Terkadang ketika kita sudah menemukan kebenaran dan kita harus melaksanakannya, di tengah perjalanan kita tidak konsisten dan lalai dari tujuan awal. Layaknya angin, ketika angin berhembus kencang maka ia akan hembuskan tekanan yang tinggi, namun ketika angin itu semilir, tekanan itu akan rendah. Dan juga terkadang angin tidak selalu konsisten akan arah dan tujuannya, sekarang ke arah barat, bisa jadi besok ke arah sebaliknya, timur. Mungkin inilah tantangan konsistensi dalam menjalani kehidupan ini, Ke-Ego-an mirip seperti nafsu, ia juga kadang lepas kendali. Kita sudah menggunakan akal kita, namun Ego/Aku berkata lain, maka percuma saja. Ego identik dengan rasa/harga diri, ke-Aku-an.

Bumi, simbol dari ketenangan dan kesabaran dan ketegasan. Api yang bergejolak, Angin yang selalu berubah arah. Mungkin inilah solusi selain dari elemen air sebagai penyejuk, pengendali dan penentu benar salah dalam lingkup akal pikir. Bumi, bisa saya artikan adalah sebuah sikap/emosi positif seperti diam, tenang, sabar, dan berlapang dada. Bumi itu kokoh, keras berarti tegas, mempertegas keyakinan kebenaran yang diperoleh dari akal. Dalam bahasa khususnya yaitu hati. Bumi adalah hati. Hati nurani yang menilai. Hati sebuah bisikan2 kebenaran yang timbul ketika kita berada pada suatu pilihan. Akal untuk menilai itu apa benar ataukah salah dan hati nurani senantiasa condong kepada kebenaran.

Mungkin itulah filosofi kehidupan dalam 4 element. Api, Air, Udara, dan Bumi ... Emosi/Nafsu, Akal, ke-Ego-an/ke-Aku-an, dan Hati Nurani.

Demikian yang bisa saya tulis dan share kepada rekan2. Jika ada kesalahan dalam tulisan ini. Saya akan lapang dada menerima koreksi dan kritik dari anda, terima kasih ^^ ( formal banget ni tulisan kayaknya hehe )

~ Semoga Bermanfaat ~

6 comments:

Erianto Anas mengatakan...

Hmm.. setuju mas Andry.
Saya jadi teringat seorang filosof Yunani Pra Socrates. Namanya kalau tidak salah Empedocles, yang menyatakan 4 anasir alam yaitu: Air, Api, Uddara dan tanah (bumi). Keempat anasir ini tdk hanya membentuk kepribadian manusia, tp seluruh jagat raya kehidupan ini. Itu menurut dia. mau saya protes, sayang dia sudah meninggal sejak zaman sebelum masehi haha... Sip mas Andry!

Old_@ndryli mengatakan...

wah wawasan bpak ini sangat luas, hehe saya saja tidak mengenal siapa itu Empedocles ? apalagi kapan dia meninggal, saya jga tidak tahu pak ? hehe

iyach pak, mungkin ke-4 elemen itulah yg sedang bergejolak dihati, batin, jiwa, raga saya dalam menjalani kehidupan ini, hemm ... ini adalah luapan unek2 saya pak, semoga gejolak remaja dalam diri saya ini akan bermetamorfosis kedalam sebuah bentuk kedewasaan yang sejati, Amin ... ^^

Pelopor Manga Berbahasa Indonesia mengatakan...

ya memang begitu ya jadi ya saya juga mau memahami d

Anonim mengatakan...

Kayaknya ada satu element lagi degh ... yang menyatukan keempat element tersebut ...

bisnis2qta mengatakan...

nice thingking....

Ki Jojo mengatakan...

Anda salah menginterpretasi 4 elemen tsb. selain itu, bukan 4 saja, tapi ada 1 elemen lagi.

Posting Komentar