Komputer | Jaringan | Software | Driver | Internet | Blogging | Bisnis | SEO | Kesehatan | Musik | Game | Refreshing | Dota | Umum

Kamis, 04 Oktober 2012

9 Hewan Peliharan Yang Beresiko Menularkan Penyakit

1. Monyet

Sejumlah pakar penyakit menular menyatakan, kera atau monyet bisa membawa virus Herpes B yang dapat ditularkan kepada melalui air liur dan berpotensi mematikan.

"Herpes B dapat menyebabkan ensefalitis, pembengkakan otak. Virus ini terdapat dalam air liur dan dapat masuk ke otak. Untungnya, kasus ini masih cukup jarang terjadi," kata Dr. William Schaffner, professor and chairman, Department of Preventive Medicine dari Vanderbilt University School of Medicine di Nashville, Tenn.

2. Kelelawar

Meskipun kelelawar jarang ditemukan, binatang ini juga dapat menyebabkan penyakit serius. "Kelelawar dapat menyebabkan rabies pada manusia," ungkap Schaffner.

Virus rabies lebih sering menyebar melalui kontak dengan binatang lainnya yang terinfeksi seperti serigala, anjing hutan, rakun, selain  juga anjing dam kucing.

Rabies dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dan, dapat menyebabkan kebingungan, halusinasi, kelumpuhan parsial dan kesulitan menelan. Jika tidak diobati, biasanya berakibat fatal dalam beberapa hari setelah gejala ini muncul.

3. Kelinci liar

Sebagai binatang peliharaan, kelinci memang telihat begitu manis dan menggemaskan. Tetapi kelinci juga bisa membahayakan, karena dapat menularkan penyakit tularemia. Tularemia adalah penyakit yang dapat menyebabkan masalah pernapasan serius. Tularemia juga dikenal sebagai demam kelinci.

Gejala yang ditimbulkan di antaranya demam mendadak, menggigil, nyeri sendi dan lemah. Bahkan untuk orang yang terinfeksi dapat berisiko terkena pneumonia (radang pada organ paru) dan kesulitan bernapas.

Dr. Gordon Dickinson, Ahli Penyakit Menular, University of Miami Miller School of Medicine, mengatakan, orang-orang yang berisiko tinggi terhadap penyakit ini adalah pemburu.

4. Burung

Burung dapat menularkan sejumlah penyakit. Di antaranya adalah flu burung, penyakit yang cukup mendapat perhatian internasional pada tahun 1990-an.

Flu burung disebabkan oleh virus, H5N1, yang dapat tertular melalui penanganan unggas yang terinfeksi. Sejak tahun 1997, lebih dari 120 juta burung di seluruh dunia telah mati atau dimusnahkan untuk mencegah penyebaran virus tersebut. H5N1 sangat mematikan pada manusia.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lebih dari 300 orang telah meninggal dunia akibat flu burung sejak tahun 2003. Gejala umum yang dapat terjadi adalah demam tinggi, keluhan pernafasan dan (mungkin) perut. Replikasi virus dalam tubuh dapat berjalan cepat sehingga pasien perlu segera mendapatkan perhatian medis.

5. Tikus

Hantavirus adalah penyakit yang ditularkan oleh tikus. Hantavirus terdapat pada tinja, air liur, air kencing tikus. Gejala pada penderita antara lain demam dan nyeri otot, sakit perut, diare serta muntah. Gejala berlanjut menjadi batuk dan sesak nafas dalam 4-5 hari setelah terinfeksi. Jika tak segera ditangani, penyakit ini bisa berakibat fatal yakni infeksi paru-paru

Bukan hanya itu, tikus juga dapat menularkan penyakit leptospirosis. Leptospirosi adan penyakit akibat bakteri Leptospira sp yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan meningitis. Bakteri tersebut juga dapat menularkan bakteri salmonella dan giardia, yang dapat menyebabkan penyakit pencernaan.

6. Reptil

Reptil adalah hewan yang sangat berbahaya, karena secara alami membawa bakteri salmonella pada kulit mereka.

"Sama halnya dengan manusia yang memiliki (bakteri Staph) pada kulit, reptil juga mempunyai bakteri yakni salmonella pada kulit mereka," kata Emilio DeBess, seorang dokter hewan.

Menurut DeBess, anak-anak sangat rentan terhadap infeksi salmonella yang disebabkan oleh reptil.  Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS memperkirakan bahwa sekitar 74.000 orang terpapar bakteri salmonella yang berasal dari reptil.

7. Sapi

Menurut Emilio DeBess, sapi mempunyai keterkaitan dengan penyebaran tiga penyakit utama seperti, infeksi salmonella, infeksi E. coli dan ensefalitis. Strain bakteri E. coli yang dikenal sebagai O157: H7 tidak berbahaya untuk hewan ternak, tetapi dapat menyebabkan penyakit serius dan bahkan kematian pada manusia.

Ensefalitis sapi, atau Mad Cow Disease, adalah penyakit peradangan otak akut yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Jika penyakit ini menyebar ke manusia dapat menyebabkan Creutzfeld-Jakob Disease, suatu penyakit degeneratif otak dan bisa mematikan pada manusia. DeBess mengatakan, sulit untuk mengetahui berapa banyak jumlah kasus Creutzfeld-Jakob, karena masa inkubasinya yang cukup panjang.

8. Anjing

Anjing merupakan teman terbaik manusia yang juga bisa menjadi musuh terburuk manusia ketika menularkan penyakit. Selain menyebabkan rabies, anjing dapat menularkan parasit seperti cacing tambang dan cacing gelang.

Bahkan DeBess menambahkan, kutu pada anjing dapat membawa bakteri yang menyebabkan penyakit Rocky Mountain Spotted Fever, yang berakibat fatal jika tidak diobati.

9. Kucing

Selain menyebabkan rabies, kucing juga dapat menularkan penyakit tularemia dan toksoplasmosis. Menurut DeBess, bakteri dan parasit yang menyebabkan tularemia dan toksoplasmosis biasanya dibawa oleh hewan lain.

Toksoplasma dapat terpapar apabila manusia melakukan kontak dengan kotoran kucing yang terkontaminasi atau mengonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi. "Kami selalu khawatir hal akan terjadi pada wanita hamil. Karena dapat menyebar dari ibu ke janin," katanya.

Toksoplasma sangat potensial menyebabkan infeksi bayi dalam kandungan yang dapat menyebabkan keguguran, kematian bayi dalam kandungan dan kecacatan pada bayi.Toksoplasmosis berat dapat menyebabkan kerusakan pada otak, mata atau organ lainnya.

1 comments:

Obat Bronkitis mengatakan...

berbarti melihara ikan itu aman ya ? hehe

Posting Komentar